Seni rupa bukan hanya seni yang berindah-indah dengan rupa, ia harus mampu berkomunikasi dengan rupa dan membangun masyarakatnya”.

 

Perempuan jawa beremansipasi sejak kartini, perempuan Indonesia beremansipasi sejak 17 agustus 1945. Emansipasi adalah usaha-usaha yang dilakukan untuk mendapatkan persamaan hak politik maupun persamaan derajat yang oleh kartini semangat ini dimanifestasikan dalam laku hidupnya. Kartini sebagai perempuan jawa, sebagai istri, sebagai ibu dan sebagai pendidik perempuan. Semua laku hidup kartini adalah manifestasi emansipasi khas Indonesia.

 

Sebagai perempuan jawa kartini berbakti kepada orang tuanya. Ia berlaku sebagai anak yang menghormati dan sayang kepada orang tuanya. Sebagai istri kartini mengabdi kepada suaminya,mendampinginya baik susah maupun senang. Sebagai ibu kartini mendidik dan menyayangi putra putrinya dengan harapan masa depan. Sebagai pendidik kartini mengajar kaum sebangsanya untuk lebih mengerti, paham akan situasi dan kondisi bangsanya. Sebagai perempuan Indonesia kartini sadar akan kodrat illahiah perempuan.

Emansipasi kartini adalah mata rantai nilai adat budaya dan modernitas. Perempuan jawa adalah sangkan paraning dumadi dan laku hidupnya harus hamemayu hayuning bawono.Tata titi tentrem dalam manifestasi emansipasi kartini bukanlah perjuangan gender. Selamanya laki-laki tidak bisa jadi perempuan dan perempuan tidak bias jadi laki-laki. Perjuangan hak politik dan kesetaraan kartini adalah mata rantai, sambung menyambung menjadi simpul, Rantai yang tidak mengikat.

 

Rantai yang tidak mengikat  itu sebagai penguat daya hidup perempuan kartini. Rantai yang membuat simpul batas kodrat illahi. Simpul yang kokoh dan tidak mereduksi nilai-nilai dari kehidupan perempuan.

Emansipasi kartini adalah rantai yang sambung menyambung menjadi simpul nilai berwujud “gaun” sebagai penutup “tabu” tubuh perempuan.

 

Catatan:

Sangkan paraning dumadi : Tempat asal muasal

Hamemayu hayuning bawono : memperindah jagad raya

Tat titi tentrem : tata hati-hati tentram

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s