Setelah hampir dua tahun saya tidak membuka blog ini, secara tidak sengaja, malam ini saya masuk wordpress dengan akun yang salah dan ternyata masih aktif. maka sudah kehendak google saya membuka lagi surel menakargaram.

Saya lahir dan besar di Rembang, kabupaten kecil yang berbatasan langsung dengan kota Tuban. Tumbuh di daerah peisisir, laut bagi saya adalah ibu kedua. Hampir setiap hari saya akrab dengan ombak, berenang, nelayan dan ikan.

Setelah menamatkan SMA saya hijrah ke Yogyakarta untuk kuliah di UGM, tetapi Yogyakarta lebih menarik dibanding UGM. Setelah delapan tahun kuliah saya berakhir dengan kekalahan o untuk UGM dan 1 Untuk Yogyakarta.

Percakapan ini terjadi ketika saya hendak meninggalkan rumah, berangkat menuju Yogyakarta. Bapak saya memberi uang saku sebesar lima juta rupiah yang rencananya akan saya belikan komputer lipat karena kebetulan saya dibebsakan dari bea masuk UGM. Uang itu kemudian benar-benar saya belikan komputer lipat, jadilah saya mengenal internet dan segala hal berkait paut dunia tulis menulis. Saat itu bapak saya berkata, “jadilah apapun yang kau mau”.

Malam ini percakapan itu berulang, tetapi tidak antara saya dan bapak saya. saya melakukan percakapan imajiner dengan diri saya sendiri, di dalam kamar saya yang sepi dan Yogyakarta yang bertambah ramai. Dengan disaksikan cicak dan beberapa ikan di akuarium, maka jadilah saya malam ini seseorang yang menghikmati kesunyian, mencari-cari jalan, dan tidak tau kapan akan sampai ketujuan.

 

Tinggalkan Balasan

